Cara Untuk Menyederhanakan Masalah

Cara Untuk Menyederhanakan Masalah - Seorang tukang jahit kesulitan meluruskan tumpukan benang yang kusut dan telah terberai di atas lantai.

Lantas dia memanggil kedua orang puteranya Opekiu dan Uvewe untuk membantunya.

Uvewe berupaya semaksimal mungkin mencari celah demi celah untuk menguraikan tumpukan benang tersebut. Waktu satu jam telah berlalu, namun Uvewe masih tetap gagal meluruskan benang tersebut.

Opekiu melihat dan mempelajari kegagalan Uvewe. Dia menggunakan cara lain untuk memuluskan aksinya yaitu dengan cara memotongnya menjadi potongan yang lebih pendek.

Alhasil Opekiu dengan sangat mudah menguraikan tumpukan benang kusut tadi dan meluruskannya seperti keinginan sang ayah.

Opekiu mampu menyederhanakan suatu masalah dengan cara membaginya menjadi potongan yang lebih pendek.

Sobatku yang budiman...

Seringkali kita terjebak dengan suatu permasalahan yang kita anggap sebagai masalah atau tugas yang besar dan berat.

Kita berusaha untuk menyelesaikan semua masalah kompleks tadi sekaligus. Dan biasanya akan mengalami kegagalan.

Padahal, jika kita mencoba untuk membagi masalah besar tadi menjadi masalah yang lebih kecil, pasti akan lebih mudah untuk menuntaskannya.

Seringkali dengan memilah menjadi masalah yang lebih kecil, kita malah dapat melihat pokok permasalahan dengan lebih jernih dan jelas.

Seseorang yang sedang terjerat oleh hutang kartu kredit dari berbagai bank, akan sulit sekali mencari uang dalam jumlah besar guna melunasi semua tagihan kartu kredit tersebut sekaligus.

Cara paling efektif adalah dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, lalu lunasilah tagihan kartu kredit satu persatu. Ini tentu lebih mudah dibandingkan harus melunasi semuanya dalam waktu yang bersamaan.

Jangan terfokus kepada masalah besar secara makro, tapi upayakan memikirkan cara yang sederhana untuk melihat satu demi satu uraian permasalahan yang dihadapi.

Bagilah menjadi beberapa tahap pengerjaan dan kerjakanlah mulai dari yang paling gampang dulu. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi motivasi kepada diri bahwa kita sanggup dan pasti bisa mengerjakannya.

Sesulit apapun permasalahan, pasti ada jalan keluarnya, asalkan kita mampu bertindak bijak dengan membuatnya menjadi lebih sederhana.

Jangan mempersulit sesuatu yang sederhana, namun sederhanakanlah sesuatu yang sulit. Kita pasti bisa...

Percayalah...

(Salam Pencerahan - Salam UFO) by Firman Bossini