Bagaimana Mengatasi Pasangan Anda Yang Sedang Marah?

Bagaimana Mengatasi Pasangan Anda Yang Sedang Marah? - Perjalanan kehidupan asmara pasangan manusia tidak akan selalu berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Pertengkaran atau perbedaan pendapat bukanlah sesuatu yang aneh lagi.

Sejatinya masalah yang timbul dalam setiap hubungan bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa yang disukai atau tidak disenangi oleh pasangan masing-masing. Ini adalah proses menuju kematangan dan kedewasaan suatu hubungan.

Hilir dari suatu pertengkaran adalah mencari solusi yang dapat diterima dengan sebaik-baiknya sehingga masalah yang sama, tidak akan berulang kembali dan dapat mengganggu hubungan harmonis yang telah tercipta.

Namun, tidak sedikit pasangan tidak mampu membuka tabir bagaimana cara untuk menghadapi pasangannya yang sedang marah. Bahkan sebagian besar dari mereka, saat pasangannya sedang marah, justru malah ikut-ikutan marah, melampiaskan kekesalannya dan memperburuk situasi yang sudah mencekam. Ujung-ujungnya, hubungan akan berakhir sia-sia.

Untuk mempertahankan hubungan yang sudah terjalin, sebaiknya kita dapat bersikap lebih bijak saat menghadapi pasangan yang sedang dalam kondisi marah besar.

Berikut ini ada beberapa cara jitu sederhana dalam menghadapi kemarahan pasangan :

1. Jangan ikut menumpahkan kemarahan
Ketika pasangan sedang marah, biarkanlah dia marah hingga puas. Jangan memotong atau ikutan marah. Biasanya pasangan akan semakin emosi dan marah ketika apa yang dikatakan itu ditentang atau dilawan. Bersabarlah untuk mencari waktu tepat buat mengklarifikasi semua pernyataannya, terutama di saat sedang bermesraan.

2.Mengalah bukan berarti kalah
Dengan sedikit menahan perasaan untuk terlibat dalam debat kata yang destruktif, kita telah menyelamatkan hubungan yang sudah terjalin. Jika apa yang dikatakan pasangan tidak benar, coba memberi penjelasan dengan lembut, jika belum dapat meredakan amarahnya, diam dan tunggu saat tepat untuk menjelaskan kebenaran yang ada.

3. Hadapi dengan kelembutan dan senyuman
Biasakanlah menghadapi pasangan yang sedang marah dengan kata-kata lembut. Senyuman yang indah biasanya sangat manjur untuk meredam emosi pasangan.

4. Mintalah maaf kepadanya
Bila pasangan sedang marah akibat kesalahan yang kita perbuat, segeralah meminta maaf kepadanya. Tak perlu untuk membela diri kalau jelas-jelas kita yang melakukan kesalahan. Usahakan jangan melakukan kesalahan itu lagi, karena biasanya kesalahan kedua akan memperburuk hubungan.

5. Meredakan amarah dengan sebuah perhatian
Walau pasangan sedang marah dan menghindar hingga tak ingin bertemu dengan kita, maka solusi efektif adalah tetap memberikan perhatian lebih, misalnya menanyakan apakah sudah makan, jangan lupa minum air yang banyak atau selalu jaga diri baik-baik. Setidaknya pasangan kita akan merasa masih diperhatikan walau masih dalam keadaan marah.

6. Dengar dan hargai pendapat pasangan
Biasanya yang menjadi faktor utama pasangan kita marah karena merasa tidak dihargai. Sering membentak atau sebaliknya sering mendiamkan pertanyaan, akan membuat pasangan merasa dilecehkan. Saat berbicara dengan pasangan, jauhkan gadget dari tangan.

7. Selesaikan di atas ranjang
Biasanya setelah bercinta, pasangan suami isteri akan melupakan perselisihan yang terjadi.

(Salam Perdamaian - Salam UFO) by Firman Bossini