Tahun Kabisat, Bagi Yang Gak Tahu Aja

Tahun Kabisat, Bagi Yang Gak Tahu Aja - Pada umumnya bulan Februari berakhir hanya sampai tanggal 28, namun dalam periode empat tahun sekali, hari di bulan Februari akan bertambah satu hari hingga tanggal 29.

Penambahan satu hari ini akan berpengaruh pula terhadap penambahan hari dalam hitungan satu tahun dari 365 hari menjadi 366 hari. Hanya tahun-tahun yang mendapat penambahan satu hari saja yang dapat dibagi dengan angka empat dan ini disebut sebagai tahun kabisat.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sebenarnya bumi membutuhkan waktu 365 1/4 hari untuk mengelilingi matahari, bukan tepat 365 hari.

Pada saat itu, Kaisar Romawi, Julius Caesar memerintahkan seorang ahli perbintangan, Sosigenes untuk membuat penanggalan yang benar dan tetap.

Agar lebih mudah, Sosigenes menggenapkannya menjadi 365 hari. Sisa 1/4 hari akan digenapkan menjadi satu hari dan akan terjadi dalam selang waktu empat tahun sekali.

Mengapa penambahan tanggal di tahun kabisat harus ditempatkan di ujung bulan Februari, yang notabene adalah bulan kedua?

Mengapa penambahan ini tidak diletakkan di bulan terakhir setiap tahun kalender yaitu di bulan Desember, menjadi tanggal 32 Desember?

Banyak pendapat dari para ahli bermunculan menanggapi fenomena bulan kabisat ini.

Ada yang mengatakan bahwa penambahan tanggal dilakukan di bulan Februari karena memiliki tanggal yang paling sedikit, apalagi sejak Kaisar Agustinus mencaplok satu hari di bulan Februari dari 29 hari menjadi 28 hari untuk menjadikan bulan Agustus memiliki 31 hari.

Namun pendapat terkuat mengatakan bahwa sistem kalender yang digunakan sekarang, bulan Desember bukanlah bulan terakhir dalam kalender tahunan, melainkan bulan Februari. Sehingga penambahan satu hari, sepantasnya dilakukan di bulan terakhir yaitu bulan Februari.

Pada masa itu, bulan pertama adalah bulan Maret, sehingga urutan bulan menjadi seperti ini:

(1) Maret/Martius (diambil dari nama dewa perang Romawi, Mars)
(2) April/Aprilius (diambil dari kata Latin, Aperire, yang artinya 'membuka')
(3) Mei/Maius (diambil dari nama dewi pertumbuhan Romawi, Maia)
(4) Juni/Junius (diambil dari nama dewi Romawi, Juno)
(5) Juli/Julius/Quintilius (nama aslinya diambil dari kata Latin Quinque artinya lima dan akhirnya Kaisar Julius mengganti nama bulan tersebut sesuai namanya sendiri)
(6) Agustus/Augustus/Sextilius (nama aslinya diambil dari kata Latin Sex artinya enam dan Kaisar Augustus mengikuti jejak pamannya Julius, mengganti nama bulan tersebut menjadi namanya sendiri)
(7) September/Septembris (nama aslinya diambil dari kata Latin Septem artinya tujuh)
(8) Oktober/Octobris (nama aslinya diambil dari kata Latin Octo artinya delapan)
(9) November/Novembris (nama aslinya diambil dari kata Latin Novem artinya sembilan)
(10) December/Decembris (nama aslinya diambil dari kata Latin Decem artinya sepuluh)
(11) Januari/Januarius (diambil dari nama dewa penjaga pintu gerbang Olympus, Janus)
(12) Februari/Februarius (diambil dari nama dewa pemurnian Romawi, Februus)

Sekadar info...

Pada tahun kabisat 2016 ini, akan terjadi fenomena alam yang unik dan langka terjadi yaitu terjadi dua buah "gerhana matahari" dan dua buah "gerhana bulan" yang akan melintasi beberapa kawasan di Indonesia.

Salah satu gerhana matahari yang dimaksud yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan peristiwa alam unik dimana posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis. Kejadian ini dimulai pada saat bulan secara perlahan menutupi lingkaran matahari, sedikit demi sedikit dan semakin besar hingga akhirnya menutup seluruh lingkaran matahari.

Efeknya, wilayah-wilayah yang dilintasi GMT tidak dapat disinari oleh cahaya matahari karena tertutup oleh lingkaran bulan. Dampaknya, wilayah tersebut menjadi gelap gulita pada siang hari.

Dan.....

Tahun kabisat adalah tahun yang selalu dinanti-nantikan oleh mereka yang bertanggal lahir 29 Februari. Seyogyanya mereka hanya akan merayakan hari ulang tahun, empat tahun sekali, sesuai dengan kehadiran tahun kabisat.

Dan buat sobatku yang merayakan ulang tahun pada tanggal 29 Februari, secara khusus, melalui tulisan ini, saya ucapkan "Selamat Hari Ulang Tahun". Semoga Anda memperoleh kesuksesan, sehat selalu dan senantiasa diselimuti awan kebahagiaan dalam setiap langkah kehidupan.

Jangan lupa, segeralah memohon permintaan yang sebanyak-banyaknya dalam sesi "doa make a wish". Sebab 4 tahun mendatang barulah Anda dapat mengulanginya kembali... Hehehe...

(Salam Harmoni - Salam UFO) by Firman Bossini