Seandainya Pak Jokowi Bertukar Posisi Dengan Mark Zuckenberg

Seandainya Pak Jokowi Bertukar Posisi Dengan Mark Zuckenberg - Jokowi adalah pemimpin dari lebih seperempat milyar manusia di muka bumi yang membujur dari Sabang sampai Merauke dan melintang dari Talaud hingga ke Pulau Roti dengan jejeran 17 ribuan gugusan pulau.

Sebelumnya Jokowi adalah seorang pengusaha mebel yang sukses di kota Solo dan mulai menjajaki karir politik dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga memperoleh puncak karir tertinggi sebagai Presiden RI periode 2014-2019.

Sedangkan,

Mark Zuckerberg adalah pencipta "Facemash", pendahulu Facebook, pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua.

Facemash kemudian berubah menjadi Facebook, sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat

Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di seluruh dunia kini mencapai 1,44 miliar. Jumlah pengguna Facebook di kawasan Asia Pasifik tersebut mencapai angka 471 juta atau sekitar 32,6 persen dari total pengguna Facebook di seluruh dunia. Sedangkan jumlah pengguna aktif facebook di Indonesia adalah sekitar 60,3 juta dari 250 jutaan jiwa penduduk.

Nah, sekarang yang menjadi imajinasiku, bagaimana jika mereka berdua bertukar posisi selama setahun atau dua tahun?

Jokowi menjadi CEO Facebook dan Mark Zuckerberg menjadi Presiden Republik Indonesia.

Mari kita bahas dulu jika Mark Zuckerberg (Mr. Z) menjadi Presiden Republik Indonesia :

(1) Sejarah akan mencatat sebuah fenomena langka bahwa seorang non Muslim pernah menjadi Presiden RI.

(2) Terjadi riak-riak penolakan yang dilakukan oleh sebagian rakyat Indonesia yang masih memandang bahwa salah satu syarat menjadi seorang Presiden adalah seorang Muslim. Sebagian lagi menerima dengan lapang dada. (Jadi pengen tahu bagaimana cara Mr.Z menyikapinya penolakan ini).

(3) Indonesia menjadi pusat perhatian dunia karena Mr. Z akan membuat kebijakan bahwa setiap pemegang e-KTP, secara otomatis akan memiliki akun Facebook. Selanjutnya internet dengan kecepatan super cepat akan digratiskan di seluruh wilayah Indonesia.

(4) Karena Mr.Z hanya dapat melihat warna biru dengan baik, sesuai dengan pilihan warna utama untuk facebook, maka beliau hanya memperbolehkan tamu yang berbaju biru saja berkunjung ke istana negara.

(5) Mr. Z akan menggalakkan penggunaan bahasa Mandarin karena isteri tercinta adalah seorang wanita keturunan China. Seperti diketahui, Mr. Z belajar bahasa Mandarin sejak tahun 2010 sehingga beliau fasih berbicara dengan anggota keluarga pacarnya.

(6) Industri perfilman nasional akan semakin maju karena banyak sutradara berlomba-lomba membuat film mengenai kisah hidup Mr. Z, terutama masalah percintaannya. Mr. Z bertemu dengan pacarnya, Priscilla Chan dalam antrean untuk kamar mandi di sebuah pesta Harvard pada tahun 2003.

(7) Industri tekstil dan UKM di bidang percetakan akan berkembang dengan pesat, disebabkan melonjaknya permintaan dari pengguna facebook baik dari dalam maupun luar negeri untuk kaos unik yang dipakai Mr. Z karena memiliki memiliki gambar logo permintaan teman, message dan logo pemberitahuan Facebook.

(8) Merupakan satu-satunya pemimpin negara yang profil Facebook-nya "Tidak Bisa Diblokir". (Siapa yang berani memblokir yah?)

(9) Mr. Z akan menggalakkan pemakaian kaos yang berwarna abu-abu dalam setiap kegiatan rapat sidang kabinet maupun kegiatan lainnya saat bekerja karena beliau jarang sekali memakai jas, bahkan untuk acara resmi lainnya.

(10) Mr. Z akan menyeragamkan semua meja dan kursi untuk seorang presiden maupun menteri dalam rapat sidang kabinet karena Mr. Z lebih suka duduk di meja kerja yang sama dengan para bawahannya dibanding duduk di kursi dan meja kerja yang mewah.

Selanjutnya kita bahas, jika Jokowi (Mr. J) menjadi CEO Facebook :

(1) Mr. J hanya akan menerima karyawan yang menyukai musik cadas, seperti Heavy Metal atau Metallica, karena beliau adalah penggemar berat musik yang terdengar "bising" itu.

(2) Mr. J akan memberikan hiburan kepada para karyawan dan keluarganya dengan menghadirkan konser-konser musik kelas dunia setiap bulan. Sebab hobby beliau adalah menonton konser sambil duduk lesehan bersama masyarakat banyak, atau berdiri di bagian belakang panggung untuk menyaru sebagai penonton biasa.

(3) Mr. J akan berjualan baju kotak-kotak melalui media Facebook yang dipimpinnya. Dan uang yang terkumpul akan dipergunakan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika.

(4) Mr. J akan mengharuskan semua pegawai Facebook menggunakan baju lengan putih digulung dan celana hitam, dalam semua kegiatan, baik formal maupun non formal.

(5) Fitur Emotion yang lucu dan jenaka pada Facebook akan diperbanyak karena Mr. J memiliki sifat humoris dan suka membuat orang-orang di sekelilingnya tertawa geli, terutama celetuk-celetukan yang unik, seperti "wang weng wang weng", "gubrak", "anu", "gak tau", "gak hapal", "mau muter-muter", "anu", "copras-capres", dan sebagainya.

(6) Banyak pengguna Facebook akan merasa kegirangan karena sering "dikunjungi" oleh Mr. J karena kegemaran beliau "blusukan" menjumpai "rakyat facebook". Para Facebooker dapat langsung berkomunikasi dengan Mr. J tanpa dibatasi oleh Paspampres.

(7) Muncul sebuah trend postur tubuh manusia ideal yang tinggi kurus, kerempeng dan tidak ganteng. Jutaan orang bakal menguruskan tubuhnya agar mirip dengan sang idola.

(8) Mr. J akan memborong ribuan sepeda untuk diberikan kepada para pegawai Facebook karena kegemaran beliau berolahraga sepeda setiap Minggu. Mr. J juga akan sering memberikan pertanyaan di halaman Facebook-nya dengan iming-iming hadiah sepeda.

(9) Minum jamu akan menjadi tradisi wajib setiap pegawai Facebook sebelum bekerja. Perusahaan penyedia jamu Indonesia akan kewalahan memenuhi permintaan produk jamu, karena jamu bakal menjadi produk minuman utama dunia mengalahkan bir maupun coca-cola.

(10) Yang terakhir, para Facebooker akan mendapat julukan baru yaitu "kecebong", dan istilah kecebong bakal terkenal di seluruh dunia. Ujung-ujungnya, kodok-kodok pun akan menjadi berharga mahal karena para Facebooker berlomba-lomba memelihara kodok dan kecebong di kediaman masing-masing.

Owalah...

Demikianlah bayangan yang bakal muncul di benakku jika Mr. J dan Mr. Z bertukar posisi untuk sementara waktu.

Lebih dan kurangnya saya mohon maaf karena keusilan pikiran yang sedang mumet ini.

(Salam Kecebong - Salam UFO) by Firman Bossini