Puntung Rokok

Puntung Rokok - Setelah menikmati liburan di Pulau Bali, Miyabi kembali mengajak Abece berlibur ke negeri tetangga, yaitu Singapura.

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Singapura adalah negara yang sangat bersih, paling disiplin dan sangat tegas menghukum orang yang melakukan pelanggaran tanpa pandang bulu.

Suatu ketika Abece sedang duduk di seputaran Orchard Road, menikmati pemandangan orang yang berlalu lalang.

Tangan Abece masuk ke dalam kantong celana, mengeluarkan sebatang rokok dan menghidupkan rokok tersebut dengan sekotak korek api.

Abece tidak menyadari bahwa lokasi tempat duduknya tidak tersedia asbak tong sampah, yang artinya memang tidak diperbolehkan untuk merokok.

Ketika sedang asyik-asyiknya menghisap rokok, seorang turis asing tidak sengaja menyenggol tangannya, menyebabkan rokoknya jatuh ke tanah.

Abece berteriak : "Woiiii, mata lu taruh di mana? Enak-enaknya nyenggol orang. Emangnya lu kira saya ini patung?"

Wisatawan : "I'm sorry. Please forgive me, buddy..."

Abece : "Apa? Lu bilang saya babi? Awas kalo lu ke Indonesia, saya jitak kepala peyangmu dengan batu akikku".

Dan kebetulan juga, seorang petugas keamanan melintas dan melihat Abece seperti sedang membuang puntung rokok.

Petugas tadi segera menghampiri Abece dan berkata : "Kamu dari mana? Mengapa buang sampah sembarangan. Di sini tidak diperbolehkan.... Sekarang saya denda kamu".

Abece terkejut setengah mati, apalagi mendengar kata "denda". Dengan tergesa-gesa, Abece memungut kembali puntung rokok dan menyalakannya kembali.

Dengan senyum sumringah penuh kemenangan, Abece memandang petugas keamanan Singapura, sambil menghembuskan asap rokok ke mukanya.

Abece merasa dia sudah tidak lagi membuang puntung rokok sembarangan.
Tiba-tiba : "Plokkkk.... Plokkkk...."

Terdengar suara pentungan mengenai kepala Abece. Ternyata ada petugas yang lain datang dan melihat kejadian ini, kemudian mendaratkan pentungan ke kepala Abece karena gayanya yang tidak sopan kepada petugas.

"Aduhhh... Woiii...apa salahku? Kan saya tidak buang rokok sembarangan lagi", teriak Abece sambil memegang kepalanya yang sudah benjol.

Petugas kedua menjawab : "Kamu ini Alibaba. Kamu tetap kena denda. Di sini tempat terlarang bagi orang merokok. Lihat tong sampah di ujung jalan ini, di sana baru boleh merokok".
Abece : "Saya Abece, Pak...bukan Alibaba..."

Abece berusaha tenang...

Tingggg....!!!!

Kecerdasan akalnya mulai muncul....

Dengan tenang Abece memandang kedua orang petugas. Kemudian perlahan-lahan Abece mulai mengunyah puntung rokok yang tersisa hingga habis.

Abece : "Saya gak bisa kena denda lagi... Nah, udah gak ada lagi khan rokoknya... weksss..."
Petugas : "Alamakkk... Begok kali dirimu nak..."

Kamus Singlish (Singaporean English) :
- Alibaba : seorang yang suka berpura-pura lugu, padahal sedang berbuat curang

(Salam Cekikik - Salam UFO) by Firman Bossini