Kisah Empat Botol Aqua

Kisah Empat Botol Aqua - Saya pernah bertanya kepada seorang teman yang memiliki pabrik pengolahan air minum dalam kemasan (AMDK) merek lokal (bukan merek Aqua) : "Mengapa harga AMDK merek Aqua ukuran sedang bisa berbeda-beda? Ada yang Rp 3000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan bahkan Rp 30.000.-

Beliau kurang mengerti maksud saya dan hanya menjawab : "Yang saya tahu, kami sebagai produsen barang hanya menjual dengan satu harga pabrik, Rp 1.000,- per botol. Kadang harga sedikit berbeda bergantung kepada jumlah pengambilan dan waktu pelunasan hutang..."

Saya tersenyum dengan jawabannya dan mencoba mengajak beliau untuk mendengarkan ceritaku...
_____________________________

Terdapat 4 buah botol kosong yang baru saja tiba di pabrik AMDK Aqua untuk segera dibersihkan dan diisi dengan air yang layak minum.

Setelah selesai diproduksi, keempat botol yang sudah siap untuk dikonsumsi itu, diletakkan di dalam 4 kotak yang berbeda, dengan tujuan akhir pengantaran yang berbeda pula.

Keempat kotak Aqua, beserta dengan ribuan kotak lainnya dimasukkan ke dalam mobil truk distribusi.

Botol Aqua yang pertama diantar ke warung di pinggir jalan dan diletakkan di atas meja, dengan kondisi sedikit berdebu. Air Aqua ini akan dijual dengan harga Rp 3.000.-

Botol Aqua kedua diantar ke minimarket yang memiliki pendingin udara yang sejuk. Botol Aqua ini diletakkan ke dalam rak dan tersusun dengan rapi. Harga jualnya Rp 5.000.-

Botol Aqua ketiga diantar ke sebuah cafe yang terletak di dalam mal. Ruangan cafe memiliki design interior yang begitu elegan. Botol aqua ini terletak di dalam kulkas pendingin dan dijual dengan harga Rp 10.000,-

Botol Aqua keempat diantar ke sebuah hotel berbintang 5 yang sangat lux dan mewah. Botol Aqua ini tidak ditempatkan di rak maupun di kulkas pendingin, melainkan di tempat tersembunyi yang tidak terlihat oleh pengunjung.

Botol Aqua spesial ini hanya akan dikeluarkan ketika ada pengunjung yang memesan.

Sebelum disajikan ke hadapan pengunjung, botol Aqua ini dibawa oleh pelayan berpakaian jas rapi dan berdasi kupu-kupu dengan menggunakan baki bersama gelas berisi es batu.

Sekarang harga sebotol Aqua menjadi Rp 30.000.-
_____________________________

Mengapa keempat botol Aqua memiliki harga yang berbeda, padahal berasal dari bahan baku botol yang sama, diproduksi oleh pabrik yang sama, diantar oleh kendaraan yang sama, memiliki rasa yang sama dan bahkan memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai pelepas dahaga.

Saya yakin, sobatku pasti bisa menjawabnya : "Faktor Lingkungan".

Di lingkungan yang tepat, sebotol Aqua akan bernilai beberapa kali lipat dari botol Aqua yang lain.

Lingkungan mencerminkan harga...

Lingkungan akan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian seseorang dan akan "mencetak label harga" orang tersebut.

Oleh karena itu...

Carilah lingkungan yang dapat mengeluarkan potensi kemampuan terbaik dari dalam diri agar kita menjadi manusia handal dan bernilai tinggi.

Bukan lingkungan yang mem-bonsai dan mengkerdilkan diri sehingga kita menjadi orang yang tidak bernilai, layaknya sebongkah berlian di padang pasir.

Sobatku yang budiman....

Mari bergaul dengan orang-orang yang dapat meningkatkan label harga diri, bukan malah bersekutu dengan orang-orang yang dapat merendahkan diri kita di mata manusia lain dan di hadapan Tuhan.

Orang yang rajin, bakat yang bagus, kemampuan yang baik + lingkungan yang buruk = NILAI RENDAH!

Orang yang rajin, bakat yang jelek, kemampuan yang biasa + lingkungan yang baik = NILAI SEDANG!

Orang yang rajin, bakat yang bagus, kemampuan yang baik + lingkungan yang baik = NILAI SEMPURNA!

(Salam Pencerahan - Salam UFO) by Firman Bossini