Ngerjain Desain Website dan Program?

Ngerjain Desain Website dan Program? - Di Indonesia ini orang susah membedakan antara web designer & web developer/programmer. Padahal itu semua mahluk yg berbeda. Sama seperti orang tidak bisa membedakan hacker & cracker padahal ini juga berbeda.Dan semua makin runyam karena banyaknya script kiddies yang ngaku programmer & hacker. Jadi gak heran kalo website DPR dan Instansi negara yg sebenarnya cuma pakai wordpress atau blog script gratisan gara2 ulah para script kiddies ini. Bermodal otak atik script gratis wordpress & joomla mereka mengaku web developer & merusak harga di pasaran. Bahkan sampai ada yg jual jasa web design 300 ribu perak gerot!!

Web designer itu toolsnya photoshop & graphic editor lainnya. Bahasa yg dia pakai adalah (X)HTML, CSS & Javascript. Sementara Web Programmer itu bahasa yg dia pakai biasanya server side dan database script seperti PHP, JSP, Ruby, Phyton, sql dll.

Web designer yg mendesain secara graphis sebuah web atau contentnya dalam coding html, css & javascript agar tampilan sebuah website benar2 sesuai yg diharapkan & competible dgn semua browser yg membukanya.

Nah lalu bagaimana mereka berdua bekerjasama? Content/data diolah oleh script web developer untuk dapat ditampilkan ke template html milik web designer. Data itu biasanya berupa array. Dgn begitu mereka bisa bekerja bersama tanpa saling menggangu pekerjaan satu dan lain.

Lalu hacker itu aliran putih. Mereka menerobos masuk ke dalam satu sistem lalu memberi notifikasi kepada pemilik sistem ttg kelemahan mereka. Dgn cara itulah kemudian mereka diterima bekerja di perusahaan yg dia bobol.

Cracker itu aliran hitam. Mereka menerobos masuk ke dalam sistem utk mencuri atau merusak sistem dan data. Dgn cara itulah mereka cari makan
Baik hacker maupun cracker biasanya bergerak silent di underground.
Sementara script kiddies yg ngaku hacker biasanya merubah tampilan website dgn tulisan alai "you are hacked by xxxx" diphoto trus di posting di forum atau fb.
Jadi kalau di kantor kalian disuruh mengerjakan desain dan server side/database programing nya jgn lupa minta gaji double ya.
Semoga bermanfaat