Arti SWOT? Bukan Sewot ya !!

Arti SWOT? Bukan Sewot ya !! - Dalam dunia managemen kita tentu tidak asing dgn analisis SWOT atau Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats. pada mei 2012 grup bakrie di ulang tahun nya yg ke 70 memberi tantangan untuk membuat analisa SWOT dengan judul "Andai Saya Adalah CEO Grup Bakrie". saya menjawab tantangan itu dengan membuat tulisan berjudul "Analisa SEWOT vs SWOT" dimana saya berpendapat bahwa analisa SWOT tidak lagi cocok saat ini. sehingga saya lebih mengusulkan Analisa SEWOT. bedanya cuma di huruf E yang merupakan singkatan dari ENTITY. dan mereka tertarik dgn tulisan itu dan menjadikan saya sebagai salah satu tamu undangan di ahmad bakrie award 2012 lalu bersama bung Puguh Nugroho dll.

apa itu ENTITY? Entity adalah kesatuan. Setiap unit maupun divisi harus bisa mandiri namun saling mendukung satu sama lain agar sebuah investasi benar benar bisa melakukan ekspansi. Tak jarang kita menemui perusahaan gagal melakukan ekspansi karena antar unit, divisi dan bagian tidak saling terintegrasi. masing-masing ingin versi nya sendiri. marketing sibuk sendiri memperluas pasar dan produksi sibuk berinovasi tapi dengan versi nya masing2. akhirnya hasil inovasi produksi tidak sesuai ekspetasi pasar.

bahkan terkadang ketika brand image sdh terbentuk tim marketing langsung merasa jumawa hingga melupakan bahwa mereka harus terus berkolaborasi dhn unit produksi agar dapat terus berinovasi lebih dari ekspetasi pasar. itulah yang menyebabkan nokia dan blackberry hancur. Entity ini pula yg menyebabkan google sukses berekspansi dari dunia search engine ke dunia mobile phone, digital map, marketplace, social media, dll.

tapi sayangnya analisa SEWOT ini tidak dijalankan oleh grup bakrie dengan baik. Mereka melupakan unsur "E" itu dan akhirnya sahamnya berguguran. bumi resources hancur begitupun bakrie telekom dgn esia nya. Entity jika salah dikelola justru bisa menyebabkan kehancuran bersama sama.
entahlah. apakah mereka yg tidak menjalankan analisa SEWOT dgn baik atau memang harus saya dan bung puguh nugroho yg jadi CEO nya? hahaha
by Ian Medan