Antara Bisnis, Kerabat dan Keluarga

Antara Bisnis, Kerabat dan Keluarga - Membaca kutipan dari Jack Ma orang terkaya no.1 di china si pemilik alibaba.com ini sebelah sisi otak saya ikut mengiyakan tapi sebelah lagi menolaknya mentah-mentah. Bagi saya pribadi "tak menjual kepada teman dekat dan keluarga" sepertinya sudah jadi harga mati. Menjadikan mereka konsumen bukanlah pilihan yang bijak. Apa salahnya memberi cuma-cuma kepada teman & keluarga toh pada akhirnya mereka akan menjadi corong promosi viral mulut ke mulut bagi anda.

Walau memang susahnya dengan teman & keluarga itu ya itu tadi "maunya gratis melulu". Nah baru-baru ini saya menghadiri soft opening sebuah cafe yg kebetulan dimiliki oleh seorang teman baik yg memilih menggunakan software saya. Terus terang untuk dia saya mematok harga "terserah kamu" alias "sekarepmu".

Nah ada yg menarik ketika para teman dan kerabatnya datang ke cafe ini saat soft launching itu. Mereka datang berbondong-bondong bersama teman dan keluarganya dan makan minum sepuasnya. Dalam hati saya "waduh tekor nih bandar kalau mereka gratis semua".

Tapi ternyata setelah mereka semua selesai bersantap tak lama mereka memanggil pelayan, meminta bill dan mereka semua "bayar" saudara - saudara. Selidik punya selidik ternyata para tamu di hari pertama itu rata - rata adalah para pebisnis. Padahal mereka masing-masing diberi voucher gratis tapi memilih tak memakainya. Berbeda denga tamu pada hari kedua yang rata-rata orang kantoran yang pesan makanan dan minuman sesuai nilai voucher hehehe..

Pada hari pertama itu tamu yg datang rata-rata adalah pebisnis yang tahu sulitnya mencari rupiah untuk memastikan roda bisnis tetap berputar sehingga mungkin mereka lebih bisa menghargai bisnis yg dijalankan teman-teman mereka. Sedangkan hari kedua kebetulan para pegawai kantoran yang tahu sulitnya cari tambahan pemasukan sehingga menambah "pengeluaran" bukanlah pilihan wink emoticon

Ya apapun itu kita harus sama sama saling menghargai. Bagaimanapun kita tidak bisa hidup tanpa teman dan keluarga. Jadi yah..... tahu sama tahu sajalah.
Selamat pagi. Semoga hari ini indah buat anda semua

By.Ian.Medan